22 TAHUN GOKASI BABEL HADIR

GOKASI BABEL

SEJARAH LENGKAP KARATE DI DUNIA




Hanshi Gogen Yamaguchi


Kanryu Higaonna ( Tukang Kayu )

Hanshi Chojun Miyagi


SEJARAH KARATE DI DUNIA

Pada mulanya ada seorang yang bernama Hanshi Gogen Yamaguchi,pemegang DAN 10 Gojuryu-Internasional.

Beliau lahir di Kagoshima pada tanggal 20 Januari 1909.

Hanshi Gogen Yamaguchi pertama kali berlatih seni beladiri Kendo, kemudian berlatih Goju Ryu pada Maruta, seorang tukang kayu yang bersal dari Okinawa.

Maruta juga sebelumnya adalah murid dari Chojun Miyagi.

Sedangkan Chojun Miyagi adalah pendiri Karate-do Goju Ryu yang lahir pada tanggal 25 April 1888 di Okinawa – Jepang.

 

Chojun Miyagi mulai belajar Karate ( Naha-Te ) pada Seorang Master Kanryu Higaonna, ketika Chojun Miyagi berusia 13 Tahun, dan pada usia yang ke 16 tahun Chojun Miyagi pergi ke  China, Disktrik Fukien.

Disana Chojun Miyagi bukan hanya memperdalam seni pertarungan China, tetapi juga memperdalam seni beladiri degan unsur lembut tetapi keras, yang biasa di sebut dengan Tai Chi dan Fakua Chang.

Dan juga Chijun Miyadi dengan Penuh antusias sekali memperdalam pengetahuannya tentang Sejarah beladiri dari China.

Sesudah itu Chojun Miyagi merumuskan sistemnya sendiri, yang di namakan Goju Ryu Karate-do berdasarkan Kempo, Hakku dan Rokukisu.

            Ketika Tahun 1930, terjalinlah hubungan antara Choju Miyagi dan Gogen Yamaguchi ketika Chojun Miyagi berkunjung ke Tokyo-Jepang.

Pada saat itu Gogen Yamaguchi sendiri sudah mendirikan Asosiasi Karate Universitas Ritsumeikanu, yaitu Universitas di mana Gogen Yamaguchi menamatkan diri sebagai Sarjana Hukum, kelak Gogen Yamaguchi mengakui betapa ia harus banyak sekali belajar sesuatu dari Chojun Miyagi.

Pertemuannya dengan Chojun Miyagi sekitar tahun 1930-an itu menurut Chojun Miyagi usianya waktu itu sekitar 42 atau 43 Tahun, akan tetapi Chojun Miyagi masih sedemikian enerjiknya di saat melatih di Dojo Gogen Yamaguchi di Nibu.

            Akhirnya Chojun Miyagi mengatakan sesuatu pada Gogen Yamaguchi :

“ saya meninggalkan pengembangan Karate-do Goju Ryu ke seluruh Jepang di tangan mu “

Alangkah terkejutnya Gogen Yamaguchi mendengar pernyataan penting itu, dan sebaliknya Gogen Yamaguchi benar-benar membangun jiwanya untuk mencoba amanat Chojun Miyagi dalam hal pengembangan Karate-do Goju Ryu keseluruh Jepang sesuai keinginan Chojun Miyagi.

            Pada tahun 1937, atas usaha Gogen Yamaguchi dan di bantu wibawa dan usaha keras dari Mr.Tabata, Mr. Fukushima, Gojuryu Karate-do atas nama Karate-do di terima menjadi anggota Butokai, yaitu Seni Beladiri Jepang.

Itulah pertama kalinya Goju Ryu Karate-do di akui sebagai seni beladiri Jepang, sebelumnya hanya di akui sebagai seni beladiri asing dari China atau Okinawa.

Selang Tiga Tahun kemudian, Gogen Yamaguchi dan Mr.Higase menjadi instruktur, yaitu pada tahun 1940, tak lama kemudian Gogen Yamaguchi di kirim ke Mancuria oleh Pemerintah Jepang dan menjabat sebagai Walikota Mancuria, yang saat itu Jepang sedang berperang dengan Rusia.

Gogen Yamaguchi kembali ke Jepang setelah Perang, yakni setelah ia di bebaskan dari Tahanan Perang Siberia Rusia.

Gogen Yamaguchi kembali ke Jepang dengan putus asa, melihat sikap masyarakat Jepang yang mencemoohkan tentara Jepang, sikap ini merupakan Anti Militerisme, yang hidup dikalangan masyarakat Jepang setelah perang.

 

Saat itulah timbul niat Gogen Yamaguchi untuk melakukan Seppuku (bunuh diri), lalu ia pergi kesebuah Kuildan mempersiapkan segala sesuatunya termasuk peralatan yang di gunakan untuk melakukan Seppuku.

Ketika Gogen Yamaguchi denga melakukan Seppuku dan Mukusho’, terakhir menjelang Seppuku di laksanakan, ketika itulah Gogen Yamaguchi mendengar suara yang melarangnya melakukan Seppuku.

            Suara yang di dengar Gogen Yamaguchi mengatakan bahwa ada misi suci yang harus di emban olehnya, yaitu mengembangkan dan mengabdikan seluruh hidpnya hanya untuk pengembangan seni beladiri.

Pada tahun 1951, Gogen Yamaguchi mendirikan AAL Jepang Karate-do Gojukai, dan pada tahun 1967 Gogen Yamaguchi mendirikan Goju Shiko dan terakhir mendirikan Gokasi yang berpangkalan di Akademi Angkatan Laut ( AAL ) Jepang.

Selanjutnya Gogen Yamaguchi lebih menyempurnakan Goju Style dengan memadukan unsur-unsur mengubah dan menyempurnakan pernapasan Goju menjadi Goju Ibuki dan terakhir mendirikan Japan Karate College.

            Sekarang Karate-do Goju Ryu telah berkembang dengan pesat, tidak hanya di seluruh Jepang, akan tetapi keseluruh dunia, dan pada tahun 1977 dengan lisensi Pemerintah Jepang, telah di bentuk wadah internasional Goju-Ryu Karate-do ( IKGA ) singkatan dari International Karate-do Goju Ryu Association.

Anak-anak Gogen Yamaguchi semuanya Karateka, berturut turut yaitu :

  1. Mr. Norimi Gosei Yamaguchi
  2. Mr. Hirofumi Yamaguchi
  3. Mr.Kishio Gosen Yamaguchi
  4. Mrs. Wakako Gogyoku Yamaguchi

Gogen Yamaguchi wafat dalam usianya yang ke 82 Tahun, pada tanggal 20 Mei 1989 di Tokyo Jepang.

Kedudukannya sebagai Presiden IKGA di gantikan oleh putranya yang ke tiga yaitu Mr.Hirofumi Goshi Yamaguchi.

Sebelum wafat Gogen Yamaguchi meninggalkan warisannya yang sangat berharga bagi Goju Ryu Karatete-do, yaitu Empat Buah Kata baru ciptaannya yang sangat dahsyat dan indah, masing-masing adalah :

GENKAKU, TENKAKU dan OKAKU

Untuk sementara Kata itu hanya di kuasai oleh Putra Putrinya.

 

 

 

 

 

 


Post a Comment

0 Comments